Rabu, 03 April 2013

Contoh Pengunaan Javax Swing pada JAVA

Berikut listing program contoh pengunaan javax.swing pada java:


package latihan;
import javax.swing.*;

public class bintangX {

    public static void main(String[] args) {
       int n = Integer.valueOf(JOptionPane.showInputDialog("Masukkan banyak bintang"));
        String[][] p = new String[n][n];
        for(int i =0; i<n;i++){
            for (int j = 0; j<n;j++){
                if((i==j)||(j==n-i-1))p[i][j]="*";
                else p[i][j]=" ";
            }
        }
          for(int i =0; i<n;i++){
            for (int j = 0; j<n;j++){
                System.out.print(p[i][j]);
            }
            System.out.println();
        }
    }

}


Apa yang terjadi?

Sabtu, 30 Maret 2013

WEB SCIENCE


        A. Apa itu Web Science?
Seperti yang kita tahu, web science terdiri dari 2 kata yaitu "web" dan "science" jika kita artikan satu persatu, web/website merupakan kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink).  Sedangkan science dapet diartikan segala sesuatu yang berhubungan dengan sumber ilmu pengetahuan yang memberikan manfaat bagi kehidupan manusia dan seluruh isinya. Dengan kata lain, science itu sendiri merupakan kumpulan ilmu pasti yang memberikan makna tersendiri bagi yang mempelajarinya.
Dari dua pengertian diatas dapet kita simpulkan bahwa web science adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan yang diperoleh dari sumber yang akurat dan dapat di unduh dari dunia maya tanpa kita harus menuju ke sumber informasi yang ada di informasi yang ingin kita cari, sehingga memudahkan kita untuk memperoleh informasi.

       B.Sejarah web Science (Web 1.0 – Web 3.0)
Kelahiran Web Science didorong oleh pergerakan generasi Web dari Web 1.0 ke Web 3.0.Sejak diperkenalkan Web pada tahun 1990 oleh Tim Berners-Lee, perkembangan yang terjadi luar biasa. Awalnya Berners-Lee hanya ingin menemukan cara untuk menyusun arsip-arsip risetnya. Untuk itu, beliau mengembangkan suatu sistem untuk keperluan pribadi. Sistem itu adalah program peranti lunak yang diberi nama Enquire. Dengan program itu, Berners-Lee berhasil menciptakan jaringan yang menautkan berbagai arsip sehingga memudahkan pencarian informasi yang dibutuhkan. Inilah yang kelak menjadi dasar dari sebuah perkembangan pesat yang dikenal sebagai WWW.
WWW dikembangkan pertama kali di Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa (CERN), Jenewa, Swiss. Pada tahun 1989 Berners-lee membuat pengajuan untuk proyek pembuatan hiperteks global, kemudian pada bulan Oktober 1990, 'World Wide Web' sudah dapat dijalankan dalam lingkungan CERN. Pada musim panas tahun 1991, WWW secara resmi digunakan secara luas pada jaringan Internet.
Perbedaan utama dari setiap generasi adalah pada Web 1.0 masih bersifat read-only, pada Web 2.0 bergerak ke arah read-write, sedangkan pada Web 3.0 mengembangkan hubungan manusia ke manusia, manusia ke mesin, dan mesin ke mesin.
Pada Web 2.0 kegiatan jejaringan sosial sudah dimulai, dengan semakin popularnya berbagai fasilitas seperti wikipedia, blog, frienster, dan sebagainya. Tetapi kendala utama pada Web 2.0 adalah penangan untuk pertukaran data atau interoperabilitas masih sulit.
Web 3.0 mencoba menyempurnakan Web 2.0 dengan memberikan penekanan penelitian pada Semantic Web, Ontology, Web Service, Social Software, Folksonomies dan Peer-to-Peer. Penelitian ini sangat memperhatikan ‘budaya’ sebuah komunitas terhadap kebutuhan akan sebuah data atau informasi.

        C. Arsitektur Web & Aplikasinya
Arsitektur Website adalah suatu pendekatan terhadap desain dan perencanaan situs yang, seperti arsitektur itu sendiri, melibatkan teknis, kriteria estetis dan fungsional. Seperti dalam arsitektur tradisional, fokusnya adalah benar pada pengguna dan kebutuhan pengguna. Hal ini memerlukan perhatian khusus pada konten web, rencana bisnis, kegunaan, desain interaksi, informasi dan desain arsitektur web. Untuk optimasi mesin pencari yang efektif perlu memiliki apresiasi tentang bagaimana sebuah situs Web terkait dengan World Wide Web.
Sejak web perencanaan isi, desain dan manajemen datang dalam lingkup metode desain, Vitruvian tradisional tujuan komoditas, keteguhan dan kesenangan dapat memandu arsitektur situs, seperti yang mereka lakukan arsitektur fisik dan disiplin desain lainnya. Website arsitektur akan datang dalam ruang lingkup estetika dan teori kritis dan kecenderungan ini dapat mempercepat dengan munculnya web semantik dan web 2.0. Kedua ide menekankan aspek struktur informasi. Strukturalisme adalah sebuah pendekatan untuk pengetahuan yang telah dipengaruhi sejumlah disiplin akademis termasuk estetika, teori kritis dan postmodernisme. Web 2.0, karena melibatkan user-generated content, mengarahkan perhatian arsitek website untuk aspek-aspek struktur informasi.
Arsitektur Website memiliki potensi untuk menjadi istilah yang digunakan untuk disiplin intelektual mengatur konten website. “Web desain”, dengan cara kontras, menggambarkan tugas-tugas praktis, bagian-bagian-grafis dan teknis, dari merancang dan menerbitkan sebuah situs web. Perbedaan tersebut dibandingkan dengan yang antara tugas mengedit sebuah koran atau majalah dan desain grafis dan pencetakan. Tetapi hubungan antara editorial dan kegiatan produksi adalah lebih dekat untuk publikasi web daripada untuk penerbitan cetak.
Ada tiga standar utama untuk penerapan web services. Standar-standar ini mendukung pertukaran data berbasis XML. Tiga standar tersebut meliputi SOAP, WSDL, dan UDDI. Berikut bakal tak jelaskan secara singkat mengenai standar tersebut. 
     1. SOAP ( Simple Object Access Protocol )
Protokol ini mendukung proses pengkodean data (biasanya XML) dan transfernya melalui HTTP (Hyper Text Transfer Language). Dalam konteks web services, SOAP adalah suatu bahasa versi bebas dari protokol RPC (Remote Procedure Caoll) yang berguna untuk proses transaksi melalui HTTP standar. SOAP membuat klien web service dapat memilih beberapa parameter mengenai permintaannya dan memberikannya kpd si penyedia. Ketika penyedia menganggapi permintaan tersebut, maka terjadilah web services.
     2. WSDL ( Web Services Description Language ) 
Merupakan bahasa berbasis XML yang menjelaskan fungsi-fungsi dalam web services. WSDL menyediakan cara untuk memanfaatkan kapabilitas web services. WSDL memberi tahu mesin lain bagaimana memformat/ menterjemahkan permintaan yang diterima berikut respon mereka agar proses web service bisa berjalan. Singkatnya, WSDL adalah bahasa yang memungkinkan berbagai dokumen yang dibuat dalam aplikasi yang berbeda dapat berkomunikasi.
     3. UDDI (Universal Description Discovery and Integration ) 
Adalah semacam direktori global untuk mengelola web services. Fungsinya mirip dengan Yellow Pages untuk versi web services. UDDI berisi informasi tentang penawaran atau layanan apa yang ditawarkan perusahaan berikut dengan detil teknis bagaimana cara mengaksesnya. Inforamsi tersebut ditulis dalam bentuk file-file WSDL.
Applikasi Web dalam rekayasa perangkat lunak, suatu aplikasi web (bahasa Inggris: web application atau sering disingkat webapp) adalah suatu aplikasi yang diakses menggunakan penjelajah web melalui suatu jaringan seperti Internet atau intranet. Ia juga merupakan suatu aplikasi perangkat lunak komputer yang dikodekan dalam bahasa yang didukung penjelajah web (seperti HTML, JavaScript, AJAX, Java, dll) dan bergantung pada penjelajah tersebut untuk menampilkan aplikasi.
Aplikasi web menjadi populer karena kemudahan tersedianya aplikasi klien untuk mengaksesnya, penjelajah web, yang kadang disebut sebagai suatu thin client (klien tipis). Kemampuan untuk memperbarui dan memelihara aplikasi web tanpa harus mendistribusikan dan menginstalasi perangkat lunak pada kemungkinan ribuan komputer klien merupakan alasan kunci popularitasnya. Aplikasi web yang umum misalnya webmail, toko ritel daring, lelang daring, wiki, papan diskusi, weblog, serta MMORPG. 

        D. Instruksi pengelola Internet/Web
Berikut merupakan beberapa komponen dalam pengelolaan web:
1.       Domain Name
Domain Name atau biasa disebut nama domain adalah alamat permanen situs di dunia internet yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah situs atau dengan kata lain domain name adalah alamat yang digunakan untuk menemukan situs kita pada dunia internet. Istilah yang umum digunakan adalah url. Contoh sebuah url adalah http://shenragazzi.blogspot.com
2.        Hosting
Hosting dapat diartikan sebagai ruangan yang terdapat dalam harddisk tempat menyimpan berbagai data, file-file, gambar dan lain sebagainya yang akan ditampilkan di situs. Besarnya data yang bisa dimasukkan tergantung dari besarnya hosting yang disewa/dipunyai, semakin besar hosting semakin besar pula data yang dapat dimasukkan dan ditampilkan dalam situs.
3.       Bahasa Program
Bahasa Program adalah bahasa yang digunakan untuk menerjemahkan setiap perintah dalam situs yang pada saat diakses. Jenis scripts sangat menentukan statis, dinamis atau interaktifnya sebuah situs. Semakin banyak ragam scripts yang digunakan maka akan terlihat situs semakin dinamis, dan interaktif serta terlihat bagus. Bagusnya situs dapat terlihat dengan tanggapan pengunjung serta frekwensi kunjungan. Beragam scripts saat ini telah hadir untuk mendukung kualitas situs. Jenis jenis scripts yang banyak dipakai para designer antara lain html, asp, php, jsp, java scripts, java applets dsb. Bahasa dasar yang dipakai setiap situs adalah html sedangkan asp dan lainnya merupakan bahasa pendukung yang bertindak sebagai pengatur dinamis, dan interaktifnya situs
4.       Design Web
Setelah melakukan penyewaan domain dan hosting serta penguasaan scripts, unsur situs yang paling penting dan utama adalah design. Design web sangat menentukan kualitas dan keindahan situs. Design sangat berpengaruh kepada penilaian pengunjung akan bagus tidaknya sebuah web site.
5.       Hypertext Transfer Protokol (HTTP)
Hypertext Transfer Protocol (HTTP), yang mana adalah suatu protokol yang digunakan oleh World Wide Web. HTTP mendefinisikan bagaimana suatu pesan bisa diformat dan dikirimkan dari server ke client. HTTP juga mengatur aksi-aksi apa saja yang harus dilakukan oleh web server dan juga web browser sebagai respon atas perintah-perintah yang ada pada protokol HTTP ini. Sebagai contoh, ketika Anda mengetikkan suatu alamat atau URL pada internet browser Anda, maka sebenarnya web browser akan mengirimkan perintah HTTP ke web server. Web server kemudian akan menerima perintah ini dan melakukan aktivitas sesuai dengan perintah yang diminta oleh web browser (misalnya akses ke database, file, e-mail dan lain sebagainya). Hasil aktivitas tadi akan dikirimkan kembali ke web browser untuk ditampilkan kepada pengguna. Sewaktu melakukan transfer, dokumen atau data webnya dengan menggunakan format HTML (hypertext transer protokol).. HTML sendiri adalah singkatan dari "hypertext markup language". Disebut dengan markup language karena HTML berfungsi untuk memperindah file tulisan (text) biasa untuk dapat dilihat pada web browser-web browser yang ada.
6.        World wide web (WWW)
WWW adalah layanan yang paling sering digunakan dan memiliki perkembangan yang sangat cepat karena dengan layanan ini kita bisa menerima informasi dalam berbagai format (multimedia). Untuk mengakses layanan WWW dari sebuah komputer (yang disebut WWW server atau web server) digunakan program web client yang disebut web browser atau browser saja. Jenis-jenis browser yang sering digunakan adalah: Netscape Navigator/Comunicator, Internet Explorer, NCSA Mosaic, Arena, Lynx, dan lain-lain.

        E. Aspek Hukum & Etika pada Internet
Saat membahas hukum/aturan di bidang internet terdapat 2 hal yang sangat perlu dibahas yakni infrastruktur dan konten. Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan di bidang infrastruktur, yakni peraturan hukum tentang telekomunikasi dan penyiaran serta ketentuan tentang frekuensi radio dan orbit satelit. 
Sementara itu pada bagian konten (materi), pemerintah telah mengeluarkan banyak peraturan yang berhubungan dengan pemanfaatan internet sebagai media informasi antaralain tentang perlindungan konsumen, perbankan, asuransi, hak kekayaan intelektuan, pokok pers, ketentuan pidana perdata (kata kuncinya adalah “informasi”).
Tidak satu ruanganpun di internet yang bebas dari aturan hukum. Kita ambil contoh setelah terjadinya ledakan bom di JW Marriott dan Ritz Carlton Jakarta. Sejauh ini, pada awalnya aturan hukum yang mengatur hal tersebut sudah dinyatakan di dalam UU No. 36 Tahun 1999 tentang Telekomunikasi, khususnya Pasal 21 yang menyebutkan, bahwa penyelenggara telekomunikasi dilarang melakukan kegiatan usaha penyelenggaraan telekomunikasi yang bertentangan dengan kepentingan umum, kesusilaan, keamanan dan ketertiban umum. Dalam penjelasannya yang tertera pada UU Telekomunikasi tersebut disebutkan, bahwa penghentian kegiatan usaha penyelenggaraan telekomunikasi dapat dilakukan oleh pemerintah setelah diperoleh informasi yang patut diduga dengan kuat dan diyakini bahwa penyelenggaraan telekomunikasi tersebut melanggar kepentingan umum, kesusilaan, keamanan , atau ketertiban umum.
Ketika UU No. 11 Tahun 2008 masih belum disahkan, ketentuan tersebut di atas cukup efektif dijadikan salah satu dasar bagi Departemen Kominfo untuk mengatasi peredaran film yang kontroversial dan mengandung unsure pertentangan SARA di suatu situs popular tertentu, ketika masyarakat dihebohkan oleh kehadiran film Fitna yang mengusik ketenangan umat Islam di seluruh dunia. Saat itu juga setelah mempertimbangkan dari berbagai aspek, Menteri Kominfo mengirimkan surat tentang pemblokiran situs dan blog yang memuat film Fitna, yang ditujukan kepada penyelenggara IIX, penyelenggara OIXP, penyelenggara ISP (146 perusahaan saat itu ) dan penyelenggara NAP (30 perusahaan saat itu). Surat tersebut dilatar belakangi oleh suatu sikap keprihatinan yang sangat mendalam, bahwa penayangan film Fitna melalui internet yang dibuat oleh seorang politisi Belanda Geert Wilders, disinyalir dapat mengakibatkan gangguan hubungan antar ummat beragama dan harmoni antar peradaban pada tingkat global. Itulah sebabnya Menteri Kominfo meminta kepada para stakeholders tersebut untuk dengan segenap daya dan upaya untuk segera melakukan pemblokiran pada situs maupun blog yang melakukan posting film Fitna tersebut.
Prosedur yang ditempuh oleh pemerintah dalam pengiriman surat adalah sudah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, yaitu selain sebelumnya sudah mengadakan konsultasi dengfan para stake holder, juga sudah mendasarkan pada berbagai pertimbangan dan tetap selektif serta tidak ada maksud pemerintah untuk sembarangan melakukan pembatasan untuk memperoleh akses informasi melalui jasa internet tanpa alasan dan dasar hukum yang jelas, karena terbukti media internet banyak menunjukkan manfaat yang konstruktif terkecuali penayangan film Fitna melalui media internet tersebut dan juga penayangan informasi-informasi lain yang substansinya patut diduga kuat dan diyakini bertentangan dengan kepentingan umum, keamanan, kesusilaan dan ketertiban umum .

Selain dalam aspek hukum, dalam pengunaan atau pengelolaan internet juga membutuhkan suatu etika yang dapat menciptakan rasa hormat antar sesama dan tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan hanya karena kesalahpahaman dalam pengunaan internet. Berikut adalah beberapa etika dalam menggunakan internet :
1. Selalu melampirkan sumber asli setiap kutipan suatu tulisan, gambar, atau apapun yang bisa/diijinkan untuk dipublikasikan ulang.
2. Tidak menyindir, menghina, melecehkan, atau menyerang pribadi seseorang/pihak lain.
3. Menulis sesuai dengan aturan penulisan baku.
4. Tidak perlu mengekspose hal-hal yang bersifat pribadi, keluarga, dan sejenisnya yang bisa membuka peluang orang tidak bertanggung jawab memanfaatkan hal itu.
5. Perlakukan pesan pribadi yang diterima dengan tanggapan yang bersifat pribadi juga, jangan ekspose di forum.
6. Jangan turut menyebarkan suatu berita/informasi yang sekiranya tidak logis dan belum pasti kebenarannya, karena bisa jadi berita/informasi itu adalah berita bohong.
7. Ketika ingin menyampaikan saran/kritik, lakukan dengan personal message, jangan lakukan di depan forum karena hal tersebut bisa membuat tersinggung atau rendah diri orang yang dikritik.
8. Selalu memperhatikan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI). Artinya jangan terlibat dalam aktivitas pencurian/penyebaran data dan informasi yang memiliki hak cipta.

SSumber: 


Rabu, 28 November 2012

Teknologi Layanan New Media



A.  Pengertian Teknologi Konvergensi

Teknologi konvergensi merupakan teknologi integrasi yang progresif dari beberapa platform jaringan yang berbeda untuk menyalurkan layanan yang serupa dan atau layanan-layanan yang berbeda yang disalurkan pada platform jaringan yang sama.

Konvergensi jaringan adalah konsistensi efisien telepon, video  dalam satu jaringan. Penggunaan beberapa mode komunikasi dalam jaringan tunggal menawarkan kenyamanan dan fleksibilitas bukan tidak mungkin dengan prasarana yang terpisah.

Konvergensi media adalah penggabungan media-media yang ada untuk digunakan dan diarahkan kedalam satu titik tujuan. Konvergensi media biasanya merujuk pada perkembangan komunikasi digital yang dimungkinkan dengan adanya konvergensi jaringan.

Ø  Dampak Konvergensi Media :
            Konvergensi media juga mengubah hubungan antara teknologi, industri, pasar, gaya hidup dan khalayak. Singkatnya, konvergensi mengubah pola-pola hubungan produksi dan konsumsi, yang penggunaannya berdampak serius pada berbagai bidang seperti ekonomi,politik,pendidikan, dan kebudayaan.
Misalnya saja, bagaimana surat kabar harian Kompas yang dulunya hanya menyediakan berita di media cetak kemudian menghadapi perubahan teknologi yang drastis ini. Ternyata Koran kompas juga mengikuti perkembangan teknologi sehingga juga menyediakan berita di internet seperti kompas.com atau detik.com.
Dengan tersedianya berita di internet yang bisa dikonsumsi dengan computer bahkan sekarang bisa mengkonsumsi berita dengan handphone (Hp), sehingga masyarakat bisa dengan mudah mendapatkan informasi, hiburan, sosial, politik, bahkan bidang ekonomi ( misalnya, saat ini, orang tidak perlu repot lagi jika ingin berbelaja sesuatu, dari ponsel yang dimiliki bisa melakukan banyak hal misalnya membaca koran di pagi hari, bertegur sapa dengan para kolega, mengirim pesan penting dalam bentuk yang singkat (SMS) atau panjang melalui email, melakukan rapat-rapat penting, sampai pada melakukan transaksi dalam jumlah yang besar. Semua konten tersebut hadir dalam satu platform media.
Dari contoh-contoh di atas dapat ditarik sejumlah pengertian tentang pengertian komunikasi massa dengan pola tradisional. Perkembangan teknologi dalam konvergensi media ini memungkinkan orang untuk terlibat secara pribadi, antarpribadi, maupun dengan khalayak ramai dalam waktu yang sekaligus.
Ini menunjukan konvergensi media memadukan ciri-ciri komunikasi massa dengan komunikasi antarpribadi yang dilakukan dalam satu media sekaligus. Hal ini disebut dengan demasivikasi, yakni kondisi dimana ciri utama media massa yang menyebarkan informasi secara masif menjadi lenyap. Arus informasi yang berlangsung menjadi makin personal, karena tiap orang mempunyai kebebasan untuk memilih informasi yang mereka butuhkan (www.antara.co.id)
Kemungkinan pertama, konvergensi dapat mendorong kompetisi yang lebih besar karena bahan mentah (raw material) bagi semua media saat ini menjadi luar biasa murah. Tidak perlu lagi mengeluarkan biaya produksi tinggi untuk membeli kertas, cukup dalam bentuk digital yang hampir nol biaya produksi.
Persoalan kejahatan yang mungkin timbul akibat konvergensi dan digitaliasi dapat dibagi menjadi empat bagian besar: pencurian perangkat keras/ data dan informasi, penipuan (fraud), pelanggaran hak cipta, serta serangan terhadap individu atau organisasi.
Di Indonesia, kejahatan yang terkait dengan penipuan, terutama kartu kredit, cukup marak. Bahkan, karena begitu banyaknya penjahat yang menggunakan modus ini, mengakibatkan banyak alamat IP address Indonesia yang sempat diblokir, sehingga orang Indonesia yang ingin berbelanja lewat internet tidak dipercaya lagi oleh pemilik-pemilik situs belanja online di luar negeri.
Namun adanya konvergensi di zaman digitalisasi ini membuat berkurangnya pertemuan secara face to face. Dan juga bisa membuat sesorang menjadi malas karena semuanya sudah menjadi praktis.

Ø  Berikut contoh teknologi konvergensi:

  • Broadband
Broadband merupakan koneksi internet transmisi data yang memiliki kecepatan tinggi. Ada 2 jenis broadband, yaitu DSL dan kabel modem yang mampu mentransfer 512 kbps atau lebih, kira-kira 9 kali lebih cepat dari modem yang menggunakan kabel telepon standar. Teknologi broadband mampu menggabungkan lebih dari satu channel ke dalam transmisi komunikasi. Teknologi yang tergolong dalam jenis ini diantaranya adalah sinyal televisi, televisi kabel, satelit, SONET, dan lain-lain.
  • Baseband
Baseband merupakan metode penggunaan media komunikasi dimana frekuensi yang dilewatkan pada carrier hanya satu buah untuk mentransmisikan data. Salah satu contoh pengguna metode baseband adalah ethernet.
  • Bandwidth
Bandwidth merupakan besaran lalu lintas data yang diperbolehkan melalui website anda ke seluruh internet. Besaran bandwidth yang bisa disediakan perusahaan hosting ditentukan oleh koneksi jaringan mereka, baik yang melalui internal (data center) mereka maupun ke eksternal (internet publik).
  • Narrowband
Narrowband merupakan pita dengan saluran sempit nirkabel dan hanya memiliki kapasitas yang kecil. Narrowband dapat digunakan dengan audio spektrum untuk menggambarkan suara yang menempati rentang frekuensi yang cukup sempit. Pada telepon, narrowband berfungsi untuk menutup frekuensi 300-3400 Hz.

B. Konsep Jejaring Sosial

Jejaring sosial adalah struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi. Jejaring ini menunjukan jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga. Istilah ini diperkenalkan oleh profesor J.A. Barnes di tahun 1954.
Konsep dasar situs jejaring sosial ialah menyediakan layanan senyaman mungkin kepada pengguna dalam melakukan kegiatan sosial di dalam ruang virtual. Sebelumnya pengguna harus melakukan registrasi, dari membuat ID dan Password hingga identitas diri,  jika mereka ingin menikmati konten – konten di dalamnya. Biasanya situs jejaring sosial memiliki fasilitas pertemanan (Facebook, Twitter), dimana si pengguna akan mengajak teman atau kerabat untuk bergabung dan menjadi pengguna dalam situs tersebut. Dan ada juga yang menyediakan fasilitas komersial untuk jual beli (Kaskus). Inilah yang menjadi cara utama situs jejaring sosial untuk menarik banyak pengunjung ke dalam situs mereka.

Ø  Contoh Jejaring sosial antaralain :
  • Facebook ( www.facebook.com )
  • Twitter (www.twitter.com )
  • Kaskus ( www.kaskus.com )
  • Friendster ( www.friendster.com )
  • Kill Hannah Kollective ( www.killhannahkollective.org )
  • Yahoo Messenger ( www.messenger.yahoo.com )
  • Yahoo Koprol ( www.koprol.com )
  • Plurk ( www.plurk.com )
  • My Space ( www.myspace.com )
  • Flickr ( www.flickr.com )

Ø  Dampak Positif Jejaring Sosial
  • Memudahkan komunikasi jarak jauh
  • Biaya relatif lebih murah untuk berkomunikasi
  • Sebagai sarana hiburan
  • Sebagai media sharing berkas, dll
  • Sebagai media jual beli

Ø  Dampak Negatif Jejaring Sosial
  • Pemicu orang untuk mengisolasikan diri akibat kecanduan
  • Jika berlebihan, dapat membuat pengguna malas serta mengakibatkan lemah dan obesitas
  • Kerusakan fisik akibat terlalu lama menggunakan komputer
  • Jauh dari interaksi langsung antar sesama pengguna jejaring sosial
  • Jika disalah gunakan dapat menjadi sarana pencemaran nama baik, penipuan, iklan judi online, pornografi, dll

C. Konsep Podcasting

Podcast atau “Personal On Demand Broadcast” (penyiaran atas permintaan pribadi) adalah serangkain media digital yang bisa di-download dengan cara berlangganan ke penyedia layanan Podcast. Langganan ini bisa berupa suara, video, teks ataupun foto/gambar. Artinya pemakaian Podcast biasanya harus berlangganan.

Istilah “podcasting” pertama kali muncul dalam sebuah karangan artikel oleh Ben Hammersley di surat kabar “The Guardian” pada Februari 2004, bersama dengan istilah lain yang diusulkan untuk menamakan teknologi baru ini.

Ø  Konsep Podcasting
Podcasting berasal dari gabungan teknologi blogger dengan MP3. Hanya saja jika blogger masih dominan oleh teks dan gambar, sebaliknya Podcasting menggunakan suara. Oleh sebab itu, ada juga yang mengatakan bahwa Podcasting adalah audio blogger. Dengan Podcasting, Anda dapat melakukan siaran radio tanpa harus memiliki izin dan peralatan yang canggih. Seseorang yang mendengarkan suara atau lagu Anda tidak perlu lagi harus ada di depan komputer pada saat yang bersamaan Anda melakukan siaran. Tetapi, ia dapat menyimpan terlebih dahulu dan mendengarkannya nanti. Baik dengan komputer itu sendiri atau dengan menggunakan MP3 Player atau Portable Media Player yang dimilikinya. Mengapa Podcasting dikatakan sebagai penggabungan blogger dengan MP3 Player. Karena format yang digunakan oleh file audio dalam Podcasting adalah MP3, format audio yang sudah umum digunakan saat ini.

Setiap orang yang memiliki komputer dan akses ke Internet dapat turut berpartisipasi menyajikan konten untuk layanan podcast. Anda dapat merekam suara, atau lagu, kemudian menyimpannya dalam format MP3 dan meng-upload-nya ke salah satu website podcast yang ada. Contoh website penyedia layanan podcasting seperti iPodder atau iTunes.

Ø  Manfaat Podcasting
  • Meningkatkan visibilitas situs anda
  • Menyediakan alat komunikasi bisnis yang efektif
  • Memberikan kenyamanan pengunjung situs sehingga tidak bosan untuk berkunjung kembali
  • Menyediakan retensi memori yang lebih baik
  • Menyediakan kemudahan penggunaan
  • Memberikan kesempatan untuk peningkatan lalu lintas pemasaran situs

Ø  Komponen podcasting
  • File audio, Suatu file dimana isinya berupa suatu suara(audio) yang hanya bisa dibuka dengan media player.
  • Podcast Server
  • RSS FEED, Sebuah file berformat XML untuk sindikasi yang telah digunakan (diantaranya dan kebanyakan) situs web berita dan weblog.

D. Konsep RSS

RSS atau “Really Simple Syndication” adalah istilah dalam teknologi Internet yang merujuk pada cara mensindikasikan konten sebuah situs web (web syndication). RSS dibangun untuk mempermudah kita untuk membaca ataupun berlangganan konten (isi/artikel) dari suatu situs/web/blog. RSS merupakan versi sederhana dari halaman web yang berisikan hanya konten artikel saja, tanpa adanya fitur-fitur lain seperti widget, iklan, CSS, ataupun javascript.

Fungsi utama RSS ialah memberikan makanan pada search engine, dimana feed tersebut berisi update terbaru dari content website kita. Ada beberapa format Web Syndication, yaitu : RSS, ATOM, dan RDF.

Ø  Cara Kerja RSS
Untuk dapat menggunakan RSS, pertama anda harus men-download perangkat lunak (sistem manajemen konten), dengan format XML yang dapat dibaca. Judul dan, kutipan dari artikel, dan link ke artikel penuh. Selain hanya teks, anda juga dapat menyisipkan file multimedia di RSS feed seperti gambar, video, MP3 dan lain-lain. Broadcasting, picturecasting, photocasting, dan podcasting adalah beberapa fitur yang dapat anda memasukkan ke dalam feed, tapi tidak akan dibahas dalam artikel ini. Bagi pengguna yang ingin mengakses RSS feed, mereka perlu menggunakan aggregator atau feed reader. Pencarian agregator untuk update pada halaman RSS kemudian menampilkannya. Ini dapat menjadi program mandiri atau ekstensi web browser, tergantung pada sistem operasi anda. Search engine untuk konten web disiarkan melalui RSS feed juga tersedia seperti Plazoo dan Feedster.

Ø  Penyedia Layanan RSS

Ada beberapa website yang menyediakan RSS, antaralain :
  • Text-Link-Ads.com
  • Feedm8.com
  • Pheedo.com
  • Feedburner.com
E. Konsep IPTV

IPTV atau “Internet Protocol Television” adalah suatu layanan multimedia yang terdiri atas program televisi, video (gambar bergerak), audio (suara), tulisan (text), graphics (gambar diam) dan data yang disalurkan ke pelanggan melalui suatu jaringan tertutup yang berbasis IP. Proses penerimaan siaran televisi pada IPTV tidak berbeda dengan dua metode yang sudah dikenal sebelumnya, yakni menggunakan antena penerima sinyal dari pemancar untuk televisi konvensional, dan menggunakan kabel untuk televisi kabel. Perbedaannya terletak pada tipe data yang dikirimkan dari stasiun televisi ke rumah-rumah. Pada IPTV, data yang dikirimkan oleh penyedia siaran televisi berupa paket-paket berbasis IP yang diterjemahkan oleh pesawat televisi pelanggan sebagai data gambar dan suara.

Ø  Cara Kerja IPTV
Decoder yang sudah tertancap di pesawat televisi dihubungkan dengan jalur Internet DSL di rumah-rumah. Alat ini bertanggung jawab menyatukan kembali paket-paket berbasis IP yang diterima dari penyedia siaran IPTV ke dalam bentuk video stream yang koheren, dan men-decode-nya menjadi gambar dan suara.

Tugas tersebut sebenarnya bisa digantikan oleh komputer. Namun, sangat jarang orang meletakkan komputer yang selalu menyala di samping pesawat televisi. Oleh karena itu, sebuah kotak decoder yang dinilai kecil dinilai masih lebih efisien ketimbang memaksa komputer melakukan tugas tersebut. Sebagian besar video dalam sistem IPTV di-encode dalam format MPEG-2, kendati format H.264 dan Windows Media juga memungkinkan. Video stream ini dipecah menjadi paket-paket berbasis IP dan dimasukkan ke dalam jaringan milik penyedia siaran IPTV (yang juga perusahaan telekomunikasi) tempat dimana data-data lain (voice dan data) berjalan.

Ø  Layanan IPTV
  • Live tv, merupakan siaran televisi yang dipancarkan oleh stasiun-stasiun tv biasa.
  • Video, Music and News On Demand yaitu layanan siaran musik ,video dan siaran berita sesuai permintaan penonton.
  • Voice Over Internet Protocol (VoIP) adalah teknologi yang memungkinkan komunikasi suara dan fax dengan menggunakan jaringan berbasis IP.
  • Parental guide, merupakan layanan untuk melindungi anak dan remaja dari siaran yang yang tidak diperuntukkan bagi usia mereka.
Sumber
http://textadslink.blogspot.com/2010/04/web-penyedia-rss-ads.html
http://nana-afrina.blogspot.com/2011/04/cara-kerja-iptv.html
http://mauhibi.blogspot.com/2010/12/pengertian-bandwith-baseband-broadband.html
http://farizankazhimi.wordpress.com/2012/11/06/konsep-teknologi-layanan-internet/
http://luthfiwaskita.blogspot.com/2012/01/memahami-jejaring-sosial-dan-podcasting.html
http://nizaru.blogspot.com/2011/11/konsep-teknologi-konvergensi-jejaring.html
http://saifuladi.wordpress.com/2008/01/17/fungsi-dan-cara-membuat-rss/
http://ilfen.blogspot.com/2012/11/konsep-dasar-kovergensi-jejarig-sosial.html


Selasa, 16 Oktober 2012

New Media


Apa itu New Media? 
Media baru maksudnya? 
Media tentang apa?
Apanya yang baru???

Mungkin pertanyaan diatas adalah salah satu dari pertanyaan yang terlintas dipikiran kita jika mendengar kata new media. sebelum kita membahasnya lebih lanjut, mari kita pahami terlebih dahulu arti kata perkata dari new media. Kata ‘New’ secara bahasa (inggris) berarti baru, baru yang seperti apa? Yang di maksud dengan ‘baru’ disini adalah sesuatu yang bersifat inovatif yakni suatu perubahan yang sangat dibutuhkan oleh banyak orang, sedangkan ‘Media’ sebenarnya merupakan bentuk jamak dari kata medium yang berasal dari bahasa latin. Namun jika dilihat dari sudut pandang harfiah, media mempunyai arti perantara atau pengantar. Dan pengertian secara umum menyimpulkan bahwa media itu adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan informasi (perantara) dari sumber informasi kepada penerima informasi.

Dari arti kata diatas kita dapat menyimpulkan bahwa New Media atau Media Baru adalah suatu buah teknologi yang menjadi perantara untuk seseorang mendapatkan informasi dari sumbernya, akan tetapi perantara ini tergolong belum pernah ada atau berbeda dari yang pernah ada dan bersifat inovatif.

Pandangan New Media

         Dan menurut pendapat saya, New Media adalah suatu teknologi terbaru yang inovatif sehingga pengguna mendapatkan keuntungan yang lebih banyak dan lebih efesien dari pada teknologi sebelumnya.

Dampak Positif dan Negatif dari New media

            Segala sesuatu ciptaan manusia tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan, termasuk New Media, Apa saja dampak dari new media?

Dampak Positif :
  • Penyampaian informasi lebih cepat dan dapat diakses kapan saja dan dimana saja

          Contoh : internet, TV,  dll
  • Dapat berfungsi juga sebagai media untuk berjualan dan jejaring sosial

          Contoh : facebook, kaskus, tokobagus, ATM/E-banking, dll
  •  Sebagai media hiburan

           Contoh : game online,  streaming video, dll
  • Sebagai media komunikasi yang sangat mudah dan efisien

           Contoh : skype, yahoo, gmail, dll

Dampak Negatif :
  • Rawan akan pencurian data, karena data dikirimkan secara online otomatis semua orang bisa mengakses hal tersebut terutama jika tidak diproteksi. Contoh : Hacker
  • Mudahnya tersebar virus komputer
  • Sifat malas bagi pengguna, dengan mudahnya untuk mengakses berbagai macam data dan informasi tentunya kita akan merasa malas untuk berpergian, karena semua tugas, pekerjaan semua bisa diakses dan dikerjakan secara online. 



Komponen New Media

New media memiliki 3 komponen utama yang terdiri dari :
  1.  Produsen ialah komponen mencakup semua pelaku yang membuat New Media tersebut. Misalnya Mark Zuckerberg yang mencetuskan dan membuat salah satu media jejaring sosial. Kini facebook merupakan produk dari Mark, dan bisa dibilang Mark merupakan produsennya.
  2. Distributor ialah komponen mencakup para pelaku pengiriman ataupun penyalur suatu New Media kepada konsumen. Meskipun tidak semua new media memerlukan distributor untuk sampai dan dirasakan oleh konsumen, tetapi dikarenakan sebagian besar komponen merupakan media yang memerlukan koneksi internet, sehingga disinilah peran distributor modem, piranti lain dan penyedia layanan diperlukan.
  3. Konsumen ialah komponen yang mencakup para pengguna dari new media ini. Contohnya adalah kita pengguna facebook, twitter, dll.


Aplikasi New Media

Berikut beberapa contoh aplikasi new media, diantaranya:

  
Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial dan situs web yang diluncurkan pada bulan Februari 2004 yang dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook, Inc. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg  bersama temannya yang sesama mahasiswa ilmu komputer Eduardo Saverin , Dustin Moskovitz  dan Chris Hughes . Pada Mei 2012, Facebook memiliki lebih dari 900 juta pengguna aktif, lebih dari separuhnya menggunakan peralatan bergerak. Pengguna harus mendaftar sebelum dapat menggunakan situs ini. Setelah itu, pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman, dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna dengan ketertarikan yang sama, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah atau perguruan tinggi, atau ciri khas lainnya, dan mengelompokkan teman-teman mereka ke dalam daftar seperti "Rekan Kerja" atau "Teman Dekat". Nama layanan ini berasal dari nama buku yang diberikan kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh beberapa pihak administrasi universitas di Amerika Serikat dengan tujuan membantu mahasiswa mengenal satu sama lain. Facebook memungkinkan setiap orang berusia minimal 13 tahun menjadi pengguna terdaftar di situs ini.


Kaskus adalah situs forum komunitas maya terbesar dan nomor 1 Indonesia dan penggunanya disebut dengan Kaskuser. Kaskus lahir pada tanggal 6 November 1999 oleh tiga pemuda asal Indonesia yaitu Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan Budi Dharmawan, yang sedang melanjutkan studi di Seattle, Amerika Serikat. Situs ini dikelola oleh PT Darta Media Indonesia. Kaskus memiliki lebih dari 4,5 juta pengguna terdaftar. Pengguna Kaskus umumnya berasal dari kalangan remaja hingga orang dewasa yang berdomisili di Indonesia maupun di luar Indonesia.
Kaskus, yang merupakan singkatan dari Kasak Kusuk, bermula dari sekadar hobi dari komunitas kecil yang kemudian berkembang hingga saat ini. Kaskus dikunjungi sedikitnya oleh 900 ribu orang, dengan jumlah page view melebihi 15.000.000 setiap harinya. Hingga bulan Juli 2012, Kaskus sudah mempunyai lebih dari 601 juta posting.
Menurut Alexa.com, pada bulan September 2011 Kaskus berada di peringkat 264 dunia dan menduduki peringkat 7 situs yang paling banyak dikunjungi di Indonesia.
Pada tanggal 26 Mei 2012, Kaskus mengalami gangguan pada DNS (Domain Name System) pada domain .us. Sehingga, pada 27 Mei 2012, Kaskus berpindah domain yang mulanya berdomain .us sekarang menjadi .co.id dan .com
  

Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets). Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut (follower).
Semua pengguna dapat mengirim dan menerima kicauan melalui situs Twitter, aplikasi eksternal yang kompatibel (telepon seluler), atau dengan pesan singkat (SMS) yang tersedia di negara-negara tertentu. Situs ini berbasis di San Bruno, California dekat San Francisco, di mana situs ini pertama kali dibuat. Twitter juga memiliki server dan kantor di San Antonio, Texas dan Boston, Massachusetts.
Sejak dibentuk pada tahun 2006 oleh Jack Dorsey, Twitter telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia dan saat ini memiliki lebih dari 100 juta pengguna. Hal ini kadang-kadang digambarkan sebagai "SMS dari internet".
Twitter memiliki logo berupa seekor burung berwarna biru yang bernama "Larry the Bird", dinamai setelah nama seorang mantan pemain basket NBA, Larry Bird.


Virtual Class Online, merupakan new media dalam bidang pendidikan yang diperuntukkan bagi kalangan mahasiswa dan dosen, dalam V-class dosen serta mahasiswanya tidak perlu hadir di kelas perkuliahan, akan tetapi dosen cukup memberikan materi dan membuat suatu forum diskusi didalam ruang virtual tersebut yang terhubung ke internet, sehingga mahasiswa dapat membukanya dan berdiskusi dimanapun, asalkan mahasiswa tersebut memiliki koneksi internet untuk masuk ke kelas virtual tersebut. Metode ini dapat menciptakan suasana belajar yang berbeda karena mahasiswa bisa belajar dimanapun dan kapanpun.

Sumber :
http://id.wikipedia.org
http://v-class.gunadarma.ac.id/
http://safemode.web.id/artikel/teknologi/new-media